Senin, 28 Juli 2014

motivasi

Alqamah bin Waqqash Al-Laitsi mendengar Umar bin Al-Khattab ra yang menyaksikan Rasulullah Saw. bersabda, "Semua perbuatan itu tergantung pada motivasinya. Motivasi itulah yang menentukan kualitas seseor(ang. seseorang yang niat hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya, akan mendapatkan apa yang diridoi Allah dan Rosul-Nya. Seseorang yang hijrahnya demi dunia (harta atau kemegahan dunia) atau demi seorang wanita yang ingin dinikahinya akan mendapatkan apa yang diniatkannya," (HR Al-Bukhari dan  Muslim).

Kesahihan hadis niat ini disepakati oleh Al-Bukhari dan Muslim. keduanya meriwayatkan hadis ini hanya seorang sahabat Rasulullah Saw. seperti diketahui hadis yang disepakati oleh Al-Bukhari dan Muslim (multaffaq alaihi) merupakan salah satu hadis yang paling sahih dan maqbul (diterima).
Para ahli selalu menempatkan hadis niat di atas sebagai  pembuka dalam karya-karya mereka. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan  para pencari ilmu agar memperbaiki niat. Hadis ini merupakan salah satu dasar agama Islam. Penjelasan mengenai hadis ini bisa dilihat dalam kitab-kitab penjelas (syah) Shahih Al Bukhari dan Shahih Muslim. Penjelasan hadis ini juga bisa dilihat dalam kitab 'Aun Al-Bari Syarh Tajrid Al-Bukhari dan juga kitab As-Siraj Al-Wahhaj Talkhish Shahih Muslim bin Al-Hajjaj.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar