Sabtu, 26 Juli 2014

Pendidikan Lingkungan Hidup

1. pengertian lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. lingkungan bisa dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. jika di sekolah lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, Bapak, ibu guru serta karyawan dan semua orang yang berada di sekolah. juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah, serta hewan-hewan yang ada disekitarnya. adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja,kursi, papan tulis, gedung sekolah dan berbagai macam benda mati yang ada disekitarnya. seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga lingkungan sosial. lingkungan sosial inilah yang membentuk sistim pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang.
berdasarkan Undang-undang Nomer 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dan semua benda dan kesatuan makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia dan prilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.


2 . Keseimbangan Lingkungan
dalam kondisi alami lingkungan dengan segala keragaman interaksi yang ada mampu untuk menyeimbangkan keadaannya. Namun tidak tertutup kemungkinan kondisi demikian dapat berubah oleh campur tangan manusia dengan segala aktivitas pemenuhan kebutuhan yang kadangkala melampaui batas.
Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal, yaitu komponen-komponen yang ada terlibat dalam aksi-reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan, pemindahan energi (arus energi), dan siklus biogeokimia dapat berlangsung. keseimbangan lingkungan dapat terganggu bila terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain.

3. Keseimbangan antara komponen Biotik dan Abiotik
Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem.hubungan antara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta siklus materi. Dengan adanya interaksi-interaksi tersebut, suatu ekosistem dapat mempertahankan keseimbangannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar