Sabtu, 06 Oktober 2012

kerak telor

di depan pusat grosir barang di cirebon
ada seorang lelaki pedagang kerak telor
makanan khas orang betawi
saya tertarik dengan makanan ini
sebab mengenangkan saya pada sahabat lama
sewaktu kuliah s2 di jakarta
sekolah atau perguruan tinggi ekonomi
sebab saya mengambil jurusan sumber daya manusia
namanya kalau tidak salah agus hartono
waktu tingkat persiapan kami bersama e
pulang larut malam
berboncengan sepeda motor vespa
bahkan pernah menginap di rumahnya
di jalan pramuka
kami sekarang tiada kabar
entah lulus atau tidak dia
sudah jadi pns belum dia
sebab dahulu harus melalui skrining
kasihan dia harus menanggung beban sejarah yang ditanggung masa lalu
mungkinkah cita-citanya kandas?
kerak telor
terbuat dari beras, dan bumbu-bumbu ditambah telur
yang aku suka telur beber, sebab terasa gurihnya
seorang gadis bercelana pendek mulus melintas
melirik ke arah kami
ada senyum di bibirnya
sementara penjaga toko hanya memperhatikan kami yang ngobrol asyik
ternyata dia dari garut...kampungnya aku lupa lagi
bukan asli orang jakarta atau betawi
kerak telor...makanan enak dan gurih
terasa hidup di zaman si pitung
kerak telor sampaikan salam pada sahabatku itu
salam terimakasih waktu melihat pekan raja jakarta
saya diberi kerak telor...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar